translate to your own language

Mamfaat Persahabatan untuk Kesehatan dan Kebahagiaan


Hidup ini harus diisi dengan banyak persahabatan. Mengasihi dan dikasihi adalah kebahagiaan terbesar dalam kehidupan (Sydney Smith)

Pernahkan anda merasa heran melihat beberapa orang yang dapat membuat orang lain akrab dengan mereka dan memperoleh kekaguman dan kasih sayang mereka? Sebagian orang yang penampilannya biasa-biasa saja dapat menarik lawan jenisnya bagaikan lempengan magnet.

Orang-orang yang demikian mungkin tidak selalu kaya, pandai, atau menuntut ilmu disekolah yang mahal. Tetapi ada sesuatu dalam kepribadian mereka yang menyebabkan mereka disegani dan dikagumi.

Yesus sangat menjunjung tinggi hubungan. Dia memilih menghabiskan banyak waktuNya untuk mempererat hubungan dengan beberapa orang tertentu daripada berbicara pada banyak orang. Lebih dari itu, pengajaranNya penuh dengan berbagai pandangan praktis mengenai cara menjadi sahabat dan berhubungan dengan teman-teman. Perintah dalam pokok pembicaran ini begitu penting sampai Dia menyampaikannya dengan pembukan: “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu  harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-muridKu, yaitu jikalau kamu saling mengasihi” (Yohanes 13:34-35)

Firman ini diucapkan kira-kira 2000 tahun yang lalu, tetapi baru dibicarakan setelah diadakan sebuah penelitian beberapa tahun yang lalu. Dalam bukunya yang berjudul The Broken Heart (Hati yang hancur), Dr. James J. Lynch menunjukan bahwa pada dasarnya, orang-orang yang kesepian umurnya lebih pendek dari pada orang lain pada umumnya. Lynch adalah seorang dokter spesialis pada penyakit yang berkaitan dengan kejiwaan, dan dia menyebutkan sederetan angka statistik untuk menunjukan segi-segi  yang tidak sehat akibat dari sifat suka menyendiri dan betapa ajaibnya kekuatan yang ditimbulkan oleh hubungan antarmanusia.

Hidup ini indah apabila kita saling mengasihi tidak perduli apa warna kulitmu, apa agamamu, latar belakangmu, kedudukan sosialmu, kehebatanmu, kekayaanmu. Kita semua adalah sama. Mengasihi adalah salah satu syarat untuk bahagia, sehat, panjang umur dan awet muda. Mari kita bersama-sama memupuk persahabatan kita, hidup harmonis dengan orang-orang disekitar kita, dimana suatu hari nanti mereka akan menjadi sahabat kita