translate to your own language

menangani stress

Beberapa langkah untuk menangani stress


Jika Anda telah memiliki perspektif yang baru terhadap stress Anda, anda akan mampu menanganinya secara lebih baik. Kita semua cenderung mengulang pola kekuatiran, berulang kali, Apakah mereka berhasil atau tidak. Kadang-kadang, cara kita menghadapi suatu masalah malahan menciptakan lebih banyak beban dan kecemasan.
     Jika kita menghadapi masalah, dalam kenyataanya tubuh kita membutuhkan energi. Dengan mengikuti beberapa langkah berikut, Anda akan melihat bahwa kesulitan Anda mengalami perubahan bentuk dan menjadi lebih mudah untuk ditangani. Sebagai akibatnya anda akan merasa lebih ringan, dan lebih reseptif untuk menikmati hidup.

1. Prioritaskan tugas anda
Apa yang sangat penting sehingga harus dikerjakan segera? Apa yang penting tetapi dapat dikerjakan besok? Apa yang relatif tidak penting suatu tugas yang dapat dikerjakan jika anda memiliki waktu luang?

2. Tangani waktu Anda

Duduklah dan buat daftar berbagai masalah yang Anda hadapi setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, atau setiap tahun. Kemudian buang hal yang dapat anda singkirkan dari kehidupan Anda. Anda perlu menuliskan semuanya, dari prioritas pertama seperti kesehatan dan kebugaran, mengatur keuangan, perkembangan karir, dan hubungan personal, sampai ke ke masalah sekunder, seperti perbaikan rumah, kembali belajar, atau menyimpan cukup uang untuk bepergian atau pensiun dari pekerjaan Anda sekarang. (sebaiknya Anda tidak membuang semua pekerjaan, karena memiliki beberapa pekerjaan adalah penting untuk memperpanjang umur).
Semasa hidupnya ayah saya adalah seorang pekerja keras, dia bekerja dari pagi hingga malam dalam mengelola sebuah usahanya dibidang restauran, hingga suatu saat dia pensiun. Sejak dia pensiun yang dilakukannya hanya duduk termenung tanpa melakukan apa-apa. Tubuhnya yang sudah terbiasa aktif bekerja hanya bertahan dua tahun pensiun. Setelah itu berbagai penyakit mulai dideritanya hingga akhirnya wafat. 
Tubuh Anda diciptakan untuk tetap aktif, aktifitas fisikpun dapat mengurangi tekanan stress yang Anda alami. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk aktifitas yang positif.
Berikan penghargaan atas segala yang telah Anda capai sampai sekarang, dan carilah apa yang dapat Anda pelajari dari pengalaman  Anda dimasa lampau. Kemudian pandanglah ke depan dan lihatlah ingin seperti apa diri Anda lima tahun mendatang, sepuluh tahun mendatang dan dua puluh tahun mendatang.

2. Atur tugas atau peran Anda
Berapa banyak orang dalam diri Anda? Jika Anda seorang istri, ibu, anak, kekasih, karyawan, atasan, ahli masak, dokter, analis keuangan, supir, dan sebagainya, inilah waktu untuk membatasi jumlah peran yang harus anda mainkan, tidak seorangpun, bahkan Superwoman, dapat melakukan semua pekerjaan itu sekaligus dan melakukan dengan baik.
Sama seperti memprioritaskan dan mengatur waktu, Anda harus mengatur peran yang sedang Anda pikul, dan walaupun hal itu menyebabkan stress, namun Anda menikmatinya.
Anda menyambut tantangan dengan tangan terbuka. Terdapat peran lain dimana Anda membencinya dan  tidak dapat melakukannya dengan baik. Jika hal itu memberikan banyak distres bagi diri Anda, bagaimana jika Anda menegosiasikannya dengan pasangan Anda, anak-anak, atau kawan-kawan Anda untuk mengambilnya dari diri Anda, sekurangnya dalam beberapa waktu? sudah tentu, jika Anda memutuskan untuk menyerahkan beberapa peran,  Anda perlu mengerahkan  kekuatan dan motivasi untuk meminta bantuan orang lain.
Tidak seorangpun dapat berdiri sendiri. Dengan banyak bantuan, pekerjaan yang berat pun dapat menjadi ringan. Janganlah mencoba memecahkan semua masalah sendirian, mintalah keluarga dan kawan-kawan Anda untuk membantu. Pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda, tetapi Anda dapat tercengang dengan berapa baiknya-dan berbedanya-pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain.

3. Bergabung dengan kelompok Suportif
Tehnik mengatasi stress yang sesuangguhnya adalah membentuk kelompok pendukung ( suportif) bersama kawan-kawan, suatu jenis keluarga besar di mana setiap anggotanya dapat meminta bantuan dari anggota lain. Penelitian Spiegel tentang isolasi, misalnya, merupakan contoh positif bagaimana menjadi bagian dari suatu kelompok dapat memperpanjang umur. Wanita yang masuk ke kelompok yang terdiri dari wanita-wanita yang selamat dari kanker payudara yang bertemu secara teratur setelah pembedahan sementara mereka masih menjalani kemoterapi atau radiasi, hidup satu setengah sampai dua kali lebih panjang dibandingkan wanita yang hanya mendapatkan pembedahan dan perawatan medis saja.
Pada tingkat praktis, Anda dapat mengurangi stress dengan bekerja sama dengan orang lain untuk saling membantu menjaga kerabat yang sakit, berbelanja, menjaga bayi, dan sebagainya.
Anak -anak dan pasangan Anda juga dapat menjadi bagian dari jaringan kerja tersebut---setiap orang memiliki tugas menurut preferensi atau jadwalnya. Jika Anda hidup serumah, bekerja bersama dapat menjadi aktifitas yang menyenangkan.

4. Ciptakan humor yang baik
 
Jika kehidupan tampaknya berat, inilah waktu untuk tertawa,. Telah terbukti bahwa tertawa meningkatkan sistem kekebalan. Pertama, dengan menstimulasi beta endorfin didalam otak Anda, Obat alami yang mengurangi rasa nyeri. Kedua, tertawa memberikan perspektif baru dalam situasi kehidupan yang penuh stress. Kadang-kadang hal terburuk dalam kehidupan seperti (kematian, pajak, rasa takut menjadi tua) dapat menjadi humor yang terbaik. Saat kita menghadapi masalah yang kita miliki, kita harus menyadari bahwa semua orang  pun memiliki masalah dalam suatu saat kehidupannya, dan sesungguhnya setiap orang tetap hidup walaupun memiliki masalah. Sehingga bagaimana buruk sesungguhnya hal tersebut? Mengetahui bahwa kita memiliki pilihan untuk tertawa ketimbang merasa sedih dapat mengangkat semangat kita. Norman Cousins, seorang profesor di School of Medicine di UCLA, dapat menyembuhkan dirinya sendiri dari penyakit jaringan ikat yang menyakitkan dan mengerikan dengan menonton film Marx Brother berulang-ulang, dan juga menertawakan dirinya sendiri. Endorfin yang dihasilkannya saat menyaksikan hal-hal yang lucu memberikan kekuatan kepada sistem kekebalan tubuhnya untuk melawan penyakit. Tidak ada keraguan didalam pikirannya--atau di dalam pikiran banyak ahli psikoneuroimunologi--bahwa kita dapat hidup lebih panjang jika kita tertawa lebih banyak.

5. Jangan kuatir, jika sesuatu berada diluar kendali Anda
Terdapat banyak hal dalam kehidupan yang dapat Anda lakukan. "Biarkan berlalu dan ingatlah Tuhan". Cara ini terbukti berhasil. Anda hanya perlu melepaskan keinginan Anda untuk mengendalikan semua hal dan meletakan masalah yang tidak dapat Anda kendalikan ke tangan orang lain, yang dapat membantu msalah Anda-- dan lepasakan beban besar dari pikiran Anda.

6. Dengarkan bahasa tubuh Anda
JIka Anda mengalami stres berat, Anda mungkin terbangun tiap pagi dengan perasaan kecemasan yang berat. Jika Anda menderita nyeri kepala kronis, diare, atau konstipasi, jika Anda mengalami jantung berdebar-debar atau sesak nafas, jika Anda melihat bintik-bintik beterbangan di depan mata Anda atau merasa seakan-akan sebuah beban menggantung di punggung Anda, inilah waktunya untuk melawan gejala Anda.

7. Dapatkan keseimbangan emosional di dalam kehidupan Anda
Jika kita sedang sangat kesenangan atau berada dalam kekecewaan kita berada dipuncak atau didasar kehidupan yang seperti gigi gergaji tidak mampu kembali kepertengahan lagi. Kalau saja kita dapat mempertahankan keseimbangan itu sepanjang waktu! ada baiknya Anda mengucapkan moto kehidupan Anda "Balance your life!". karena hidup yang seimbang itu akan meringankan stress Anda. Tidak ada orang yang sukses dalam segala bidang. Apabila seseorang hebat dalam satu hal, pasti ada kekurangan dalam hal-hal yang lain, dikarenakan untuk mencapai kesuksesan dalam satu hal tersebut, orang tersebut harus membayar harga dengan bekerja keras, pikiran yang fokus, mengahabiskan waktu yang berharganya, mengurangi waktu bersenang-senangnya demi mencapai kesuksesan untuk menggapai mimpinya. Sehingga tidak cukup waktu untuk diberikan kepada hal-hal yang lainnya. Tetapi hidup ini diciptakan seimbang adanya seperti bumi yang menggantung pada porosnya. Seperti matahari yang bergantian dengan bulan dalam menyinari bumi. semuanya seimbang adanya.