translate to your own language

Sentuhan sangat bermamfaat untuk kesehatan dan kebahagiaan

Sentuhnan dapat menjadi pemberi kehidupan. Pengujian terdahulu dilakukan pada kera-kera oleh Harlow dan Zimmerman menunjukan bahwa kekurangan sentuhan pada bayi-bayi kera mengakibatkan rasa tertekan, sakit dan kematian lebih cepat pada mereka. Akibat yang sama telah ditemukan juga pada anak-anak terlantar. Sebuah penelitian mengagumkan pada bayi-bayi berusia sepuluh minggu hingga enam bulan, mengungkap bahwa bayi-bayi yang dibelai-belai oleh ibu mereka, ternyata jarang menderita flu dan pilek serta muntah lebih sedikit, juga tidak mudah diare dibandingkan dengan bayi-bayi yang tidak mendapatkan belaian ibunya. Penelitian lainnya menemukan bahwa wanita yang menderita neurotis atau merasa sangat tertekan, akan sembuh lebih cepat sesuai dengan jumlah banyaknya mereka mendapat pelukan, dan lamanya mereka dipeluk.

Seorang ahli antropologi, James Prescott-seorang pionir penelitian terhadap pendidikan dan kekerasan pada anak,
menemukan bahwa masyarakat yang jarang membelai anak-anak mereka dengan penuh kasih, memiliki angka kejahatan rata-rata tertinggi. Anak-anak yang dibesarkan dalam kasih sayang biasanya tumbuh menjadi seorang dewasa yang lebih sehat, lebih bahagia. Peleceh seksual dan peganiaya anak-anak keduanya cenderung memiliki masa anak-anak yang penuh dengan penolakan, kekerasan, kekurangan timangan saat masih kecil dan sering berada di tempat terpencil. Banyak orang yang kurang mengalami kehangatan saat kanak-kanak, dianjurkan untuk memelihara kucing atau anjing karena mereka dibolehkan merasakan belaian dengan cara membelai dan mengusap-ngusap hewan tersebut.
Terapi membelai-belai hewan peliharaan telah terbukti sebagai cara menolong orang mengatasi depresi dan masalah-masalah mental lainnya. Lihat saja bagaimana orang-orang Inggris – yang paling antipati terhadap bangsa-bangsa yang selalu perasa, ternyata juga sangat mencintai hewan peliharaannya. Seperti yang dikatakan Germaine Greer, “Walau mereka berdesakan dengan saudara laki-lakinya sendiri dalam kereta api tube, rata-rata orang Inggris mengaku dengan sangat bersungguh-sungguh, bahwa mereka kesepian.”Apakah anda merasa kesepian ditengah-tengah keramaian?